Pembekalan Rencana Katalog Lokal Konstruksi

27 Juni 2023 463 Kunjungan

Pembekalan Rencana Katalog Lokal Konstruksi

Presiden RI pada saat Rapat Koordinasi Nasional Peningkatan Pengggunaan  Produk Dalam Negeri (P3DN) tangal 15 Maret 2023 di Jakarta mengamanahkan kepada Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah daerah untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri serta meningkatkan realisasi e-Katalog Lokal.

Menindaklanjuti amanah tersebut, Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Rapat Koordinasi Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa {Rakor UKPBJ) dengan tema Pembekalan Rencana Katalog Lokal Konstruksi, pada tanggal 26 s.d 27 Juli 2023 di Aula Istana Bung Hatta, Kota Bukittinggi.  Rakor ini dibuka & dipimpin oleh Kepala Biro PBJ, Hefdi, SH., M. Si dengan didampingi oleh para kepala bagian pada Biro PBJ serta dihadiri oleh seluruh Kepala Bagian/ Kepala UKPBJ Kabupaten/ Kota se Provinsi Sumatera Barat. 

Dalam arahannya Kepala Biro PBJ menyampaikan bahwa penyediaan dan pemanfaatan katalog lokal ini merupakan salah satu strategi bagi pemerintah daerah untuk meningkatkan angka PDN (Produk Dalam Negeri)serta mendapat reward berupa penambahan dana insentif daerahnya masing-masing. Beliau juga mengingatkan jika pemanfaatan katalog lokal ini hanya mengubah metode pemilihan penyedia dari tender menjadi e- purchasing dengan tetap memperhatikan aturan-aturan PBJ.

“Pemerintah kab/ kota agar juga memberi perhatian khusus terhadap pemenuhan standarisasi dalam rangka penguatan kualitas layanan, kapasitas kelembagaan serta keamanan informasi PBJ,” imbuh Kepala Biro.

Pada kesempatan ini, 2 kabupaten/kota yang telah memiliki dan memanfaatkan katalog lokal konstruksi ini yaitu Kota Bukittinggi dan Kabupaten Solok juga menyampaikan testimoni dan pengalamannya dalam menerapkan katalog lokal konstruksi.

Melalui penyelenggaraan rakor ini diharapkan akan mampu menjadi pendorong bagi kabupaten/ kota lainnya di Provinsi Sumatera Barat untuk membuat dan menggunakan katalog lokal khususnya di bidang konstruksi. Dan untuk rakor selanjutnya direncanakan akan dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Mentawai. (Rmd)